profilepicture

Psychology

(Riekha)

Tentang
Teman

Pengikut

Obrolan

Membuat Aplikasi Quiz Di Facebook



Aplikasi Quiz yang dimaksud adalah sebuah halaman di Facebook yang berisi pertanyaan-pertanyaan (polling) dan hasil, yang berkenaan dengan kesehatan, pendidikan, karier, percintaan, dan lain-lain. Sebagai contoh, saya mempunyai Quiz Di Facebook sebagai berikut:
"
Cari Tau Apa Karekter Anda Di SMA Harapan Persada?"

Tidak terlalu mewah tampilannya memang, tapi akan sangat bermanfaat bila digunakan (bisa sebagai hiburan). Anda tentu saja bisa bereksperimen membuat quiz yang sama seperti yang saya buat.


Note:
- Ketika Praktek Jangan Tinggalkan Halaman Ini

- Tutorial dibawah ini dilengkapi dengan gambar agar mempermudah anda. Maka Klik
gambar agar
terlihat jelas.

1. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah Sign In Dulu ke
Facebook.com

2. Kemudian cari "Quiz Planet" di kotak pencarian facebook anda. Atau klik link
Quiz Planet Disini

3. Setelah mengunjungi Quiz Planet, anda memasuki halaman konfirmasi dan klik "Ijinkan".


4. Selanjutnya anda memasuki beranda pengeditan dari Quiz planet.
Isikan data-data yang diminta, seperti pada gambar dibawah ini. (klik gambar agar tampak lebih jelas).



5. Setelah semuanya terisi dengan lengkap klik "Next" untuk melanjutkan.

6. Kemudian masukkan "hasil" dari pertanyaan yang nanti akan anda berikan, serta keterangannya pada kolom yang disediakan, dan upload pula sebuah gambar sebagai Icon hasil nantinya.


7. Klik "Next" untuk melanjutkan.

8. Pada halaman baru anda ketikkan pertanyaan pada kolom yang disediakan, serta jawabannya (yang berbeda) dan berhubungan nantinya dengan hasil yang anda masukkan sebelumnya. Seperti pada gambar berikut:



9. Kemudian Klik "Next" untuk melanjutkan.
10. Anda memasuki halaman berikutnya, pada halaman ini Quiz anda belum selesai dibuat karena kita masih memerlukan kode "Screet (Rahasia)" dan "Api Key" untuk mengaktifkan aplikasi yang kita buat. Maka klik lah pada tombol yang pertama. Perhatikan gambar dibawah ini:


11. Tinggalkan halaman Quiz Planet (Namun jangan ditutup/Minimize) karena setelah anda klik tombol tadi maka Sebuah link akan terbuka secara otomatis pada tab baru. Tab ini berisi halaman Developer (Pengembang), adalah tempat pengeditan aplikasi kuis yang kita buat.


12. Selanjutnya anda cari tombol yang bertuliskan "Setup New Aplication" yang terletak disebelah kanan atas dibawah tulisan "Bantuan".

13. Anda memasuki halaman baru, pada halaman ini anda tuliskan nama Quiz yang sedang anda buat, serta centang tulisan "Setuju" dan klik "Create Aplication".

14. Selanjutnya anda memasuki halaman pengeditan aplikasi. Nah, pada halaman ini carilah "Screet (Rahasia)" dan "Api Key" yang terletak pada kolom "Esential Aplication".

15. Copy kedua kode tersebut.

16. Buka halaman Quiz Planet yang sebelumnya serta paste kode yang tadi, pada kolom yang disediakan (terletak diatas tombol yang bertuliskan "Ciptakan Aplikasi Saya"), kemudian klik tombol "Ciptakan Aplikasi Saya".

17. Jika tombol diatas tidak berfungsi, berarti kode (Api Key Dan Screet) yang anda masukkan kurang benar, coba cek kembali kode tersebut.

18. Dan sekarang tahap terakhir, disini disediakan 3 pilihan. Saya sarankan, anda mengklik pada pilihan pertama yaitu: "Instal Aplikasi Dan Undang Teman". Agar teman-teman anda banyak yang mengetahui.

19. Jika anda mengundang teman, pilih (centang ) mereka sebanyak 3-12 Orang dan kirimi permintaan penggunaan aplikasi anda (tombol dibawahnya).

20. Untuk melihat Aplikasi Quiz anda yang sudah tercipta anda tinggal klik tab "Kuis Saya" pada halaman Quiz Planet. Biasanya Quiz Planet juga akan ditampilkan di Beranda facebook anda pada bagian dibawah aplikasi.

21. Untuk mengedit aplikasi bisa anda dilakukan pada link dibawah ini:

http://www.facebook.com/developers/editapp.php?app_id=110171972327628

Atau pada halaman Developer (pengembang) facebook yang telah dibahas tadi.

Ok, sekarang Quiz anda telah berhasil dibuat. Tinggal kreatifitas anda untuk mengeditnya. Sering-Seringlah berlatih dan selamat mencoba!
Share on Facebook
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Support by › Google Chrome | Mozilla Firefox |CometBird

Designer by Onedra

Facebook © 2014 Psychology™